Senin, 26 September 2011

Fammily Black : " Nymphadora Tonks "

Nymphadora Tonks,lahir (Tepatnya diperkirakan) tahun 1973 dan Meninggal tahun 1998.Karakter fiksi pada buku karangan J.K Rowling seri Harry Potter.Pertama kali muncul dalam " Harry Potter and Order of the Phoenix " ( 2003 ).Yang di perankan oleh Natalia Tena.

Tonks ( Yang tidak suka dipanggil Nymphadora ) adalah wanita yang bersemangat di usia 20 tahun.Dia adalah salah satu Auror yang tergabung pada " Orde Phoenix ".Sebagai seorang Metamorphmagus ,ia bisa mengubah penampilannya.Baik untuk penyamaran atau pun untuk bersenang-senang.Meski ia Auror yang handal,dia tidak terlalu bagus dalam pekerjaan rumah tangga dan cenderung canggung.

Latar belakang
Tonks bukan anggota asli Orde Phoenix.Karena pada saat Orde terbentuk, Tonks masih bersekolah di Hogwarts dan ia berasrama Hufflepuff dan nilai-nilainya yang bagus memastikan bahwa Tonks dapat menjadi Auror di kemudian hari.Meskipun secara pribadi ia termasuk orang yang tidak memiliki kemampuan untuk bersikap baik ( Menurut kepala asrama ).Ia melewati 3 tahun pelatihan auror di Kementrian Sihir,dimana ia mendapatkan nilai tertinggi untuk Penyaruan dan Penyamaran, tapi kesulitan dengan Penyelidikan Diam-Diam dan Pelacakan.
Peran Tonks dalam Harry Potter
Orde Phoenix
Tonks dan temannya sesama auror yang juga anggota Orde,Kingsley Shacklebolt bekerja sebagai mata-mata untuk Orde di Kementrian Sihir.Mereka bekerja pada Orde diam-diam karena tindakan terang-terangan mendukung Dumbledore akan menyebabkan mereka kehilangan posisi mereka di Kementrian.
Tonks juga turut bertarung di Departemen Misteri bersama Anggota orde yang lain.Seperti,Alastor Moody,Sirius Black,Remus Lupin,dan ,Kingsley Shacklebolt.Ia terluka karena serangan bibinya Bellatrix.Ia pun dirawat di RS.Mungo.Di akhir buku,ia keluar dari Rumah Sakit dengan keadaan Sehat kembali.Bersama Moody,Lupin dan beberapa keluarga Weasley,mengantarkan Harry ke Privet Drive No.4 dan membicarakan tentang kelakuan Vernon Dursley terhadap Harry.
Half Blood-Prince
Pada tahun Keenam Harry,Tonks ditempatkan di Hogsmade dan ditugaskan untuk menjaga Hogwarts.Dia menyelamatkan Harry di Hogwarts Express dan beberapa kali terlihat di Hogwarts.Harry yang memperhatikan Tonks merasa ada yang aneh terhadap Tonks.Tingkahnya tampak aneh,terlihat depresi,jarang tersenyum atau ramah seperti biasanya.Rambutnya biasanya berwarna cerah,sekarang berwarna coklat-tikus yang mengindikasikan proses metamorfosisnya terganggu.Patronousnya juga berubah,dari entah apa ( tidak pernah disebutkan.Hanya Snape yang mengatakannya ) menjadi makhluk besar,berbulu,dan berkaki empat.Yang bisa terjadi karena Shock maupun dorongan emosi yang kuat.Harry dan Hermione mengira hal ini karena kematian pamannya,Sirius yang meninggal karena bibinya,Bellatrix yang menjadi kesalahannya karena tidak bisa menghabisi Bellatrix ( Lebih tepatnya mendorong Sirius jatuh ke atap lengkung ).Harry bahkan mengira Tonks menyukai Sirius karena Patronousnya sama seperti Sirius.
Setelah kematian Dumbledore,terungkaplah misteri kenapa Tonks mengubah penampilannya.Hal ini disebabkan karena ia mencintai Lupin yang menolaknya karena alasan " Tua,Miskin,dan Berbahaya ".Jadi,bentuk patronous Tonks sebenarnya adalah manusia serigala dan rambutnya yang coklat merefleksikan rambut Lupin yang coklat-keabu-abuan.Tonks tidak perduli siapa Lupin walaupun dia Miskin dan berbahaya ( Lupin tidak memperoleh pekerjaan karena kondisinya sebagai manusia serigala ),maupun Lupin lebih tua darinya.Lupin pun beranggapan Tonks berhak mendapatkan pria yang lebih baik darinya.Yang tidak membahayakannya,seusia dengannya dan mampu mencukupinya.Setelah pemakaman Dumbledore,Tonks dan Lupin terlihat bergandengan tangan.Rambut Tonks juga terlihat merah muda.Menandakan ia sudah tidak depresi karena Lupin menerimanya.
Etimologi Nama
Nymphadora arti harafiahnya adalah "Anugrah dari Nymph". Nymph adalah roh penjaga dalam mitologi Yunani ng menguasai pepohonan, hutan suci, sungai dan lautan. Selama zaman Renaissance, daerah utara Eropa menyandingkan Nymph dengan Elf. Dalam kisah klasik Shakespeare,A Midsummer Nights Dream , Elf tradisional Inggris  berdampingan dengan Nymph Yunani sebagai pelayan Diana ( Tatiana ).Nymph juga nama tahapan metamorfosis dari capung, yaitu sebelum capung dewasa.
Hubungan,Keluarga dan Kematian
Tonks berhubungan baik dengan Harry,Hermione,dan Ginny.Mungkin karena usianya tidak terlalu jauh dari mereka.Sikapnya yang ramah dan kemampuannya menghibur ( Terutama  dengan kemampuannya mengubah-ubah warna rambut dan bentuk hidungnya ) membuat Tonks disukai. Dalam Half Blood Prince Tonks mengakui bahwa dia mencintai Lupin.
Orang tuanya adalah Andromeda Tonks ( Black ) dan Ted Tonks.Ayahnya adalah penyihir kelahiran Muggle.Ibunya,penyihir murni yang adalah anak dari keluarga Black.yang sangat menjunjung tinggi kemurnian darah mereka. Oleh sebab itu, ketika Andromeda menikah dengan Ted, ia dikucilkan oleh keluarganya,serta dianggap sebagai pengkhianat.Kreacher,peri rumah keluarga Black tidak mau menaati perintah dari Tonks.
Orang tua Tonks tidak muncul dalam novel sejauh ini, dan nyaris tidak diketahui pasti detail tentang mereka. Tonks hanya disinggunya sedikit, bahwa Andromeda Tonks memiliki ilmu untuk membuat barang-barang tertata rapihan, dan Ted orang yang ‘slebor’. Andromeda yang orang yang bertanggung jawab memberi nama kepada puteri tunggalnya , Nymphadora pada Tonks, nama yang sangat dibencinya.
Ibunya,Andromeda adalah sepupu dari Sirius Black dan mempunyai kakak bernama Narcissa Malfoy dan adik dari Pelahap Maut Bellatrix. Hubungan kekerabatan ini menjadikan Nymphadora Tonks sebenarnya adalah sepupu Draco Malfoy.
Dalam Half Blood-Prince, terungkap bahwa Tonks mencintai Remus Lupin, tapi merasa frustasi dan tertekan karena penolakan Lupin karena alasan bahwa Lupin "terlalu tua, terlalu miskin, ... terlalu berbahaya". Hal ini menjelaskan perubahan kepribadian dan rupa Tonks. Namun demikian, Lupin berhenti menolak setelah peristiwa kematian Dumbledore dan peristiwa digigitnya Bill Weasley oleh manusia serigala,Fenrir Greyblack.
Hal ini menyebabkan kepribadian dan rupa Tonks kembali ke normal.Dalam buku seri terakhir Harry Potter and The Deathly Hallows , Nymphadora Tonks mempunyai seorang anak laki-laki dari pernikahannya dengan Lupin dan putranya diberi nama Teddy Lupin. Teddy Lupin juga adalah anak baptis Harry Potter. Nymphadora Tonks dan Remus Lupin tewas dalam pertempuran di Hogwarts dalam usaha melawan Voldemort dan para Pelahap Mautnya. Pada perang tersebut. Nymphadora dibunuh oleh Bibinya sendiri.Bellatrix.Sementara suaminya dibunuh oleh Antonin Dolohov.
Sumber --> Nymphadora Tonks
Tonks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sertakan Nama mu ya .. :) Kami butuhkan Kritik dan Saran dari kalian :)